Pengembangan Permainan Ular Tangga Huruf Hijaiyyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Kelas B RA Futuuhiyah Cipanas-Cianjur

Authors

  • Yani Maryani Ra Futuuhiyah Cipanas-Cianjur
  • Heni Nafiqoh IKIP Siliwangi, Jalan Jendral Sudirman Cimahi
  • Ghina Wulan Suci IKIP Siliwangi, Jalan Jendral Sudirman Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.54801/piaudku.v1i2.142

Keywords:

Media, Ular Tangga Huruf Hijaiyah, Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media ular tangga huruf hijaiyah yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) yang bertujuan untuk menghasilkan media ular tangga huruf hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D dengan langkah-langkah Define, Design, Develop dan Dessimination. Kelayakan media ular tangga huruf hijaiyah yang diperoleh dibagi menjadi dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media, pada ahli materi hasi penelitian yang didapatkan adalah pada aspek tema/segi edukatif mendapatkan hasil 86% sangat layak, dari segi isi/konten mendapatkan hasil 75% layak, tampilan/penyajian produk mendapatkan hasil 75% layak. Sedangkan pada ahli media, hasil yang didapatkan adalah pada aspek tampilan umum mendapatkan hasil 75% layak, pada aspek tampilan khusus mendapatkan hasil 75% layak, dan yang terakhir pada aspek penyajian media mendapatkan hasil 100% sangat layak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media ular tangga huruf hijaiyah yang telah dikembangkan layak digunakan sesuai dengan revisi dan saran dari validator.

Downloads

Published

28-11-2022

How to Cite

Pengembangan Permainan Ular Tangga Huruf Hijaiyyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Kelas B RA Futuuhiyah Cipanas-Cianjur. (2022). Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 1(2), 70-79. https://doi.org/10.54801/piaudku.v1i2.142

Similar Articles

1-10 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.