Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf
DOI:
https://doi.org/10.54801/21f4b071Keywords:
Kemampuan Membaaca, Media Kartu Huruf, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui media kartu huruf pada kelompok B POS PAUD MELATI 2 desa Banjaran wetan kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung,. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek pelaksanaan penelitian adalah Kelompok B POS PAUD MELATI 2 yang berjumlah 22 anak didik yang terdiri dari 10 perempuan dan 12 laki-laki dengan rentang usi 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah pembelajaran melalui media kartu huruf di lakukan anak dapat mengenal, merangkai bahkan membaca setiap huruf hingga menjadi sebuah kata contohnya seperti huruf B-O-L-A di baca bola. Hal ini dapat di lihat dari presentase rata- rata hasil membaca awal anak dalam satu kelas sebelum tindakan yaitu sebesar 32 % sedangkan di siklus 1 diperoleh data sebesar 55 % dan pada siklus 2 di peroleh data sebesar 82 % sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah bahwa melalui media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B POS PAUD MELATI 2 desa Banjaran kecamatan Banjaran wetan.