Implementasi Media Bingo Game dalam Mengembangkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Kelompok B di TK Patriot
DOI:
https://doi.org/10.54801/piaudku.v2i02.234Keywords:
media bingo game, Pembelajaran, bahasa inggrisAbstract
Salah satu aspek penting dalam perkembangan bahasa Inggris anak pra-sekolah adalah penguasaan kosa kata. Agar anak dapat mengembangkan kosa kata secara optimal, penting untuk memberikan mereka rangsangan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kosa kata bahasa Inggris melalui media Bingo Game. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilangsungkan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu 20 anak kelompok B di TK Patriot. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan, presentase anak memperoleh skor hanya 25% (kurang), pada siklus I, presentase anak memperoleh skor 55% (sedang), dan pada siklus II meningkat menjadi 85% (sangat baik). Dengan demikian penggunaan media Bingo Game dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat mengembangkan kosa kata bahasa Inggris anak kelompok B di TK Patriot