Meningkatkan Kognitif Anak dalam Membedakan Angka 6 dan 9 Melalui Permainan Clay
DOI:
https://doi.org/10.54801/ewemxv52Keywords:
Clay, Kognitif, KreatifitasAbstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah gambaran perkembangan kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan bermain konstruktif melalui media clay pada kelompok A di TK Permata hati bunda, gambaran perkembangan kemampuan berhitung permulaan anak yang diberi perlakuan dengan metode konvensional pada kelompok A, dan apakah ada pengaruh bermain konstruktif dengan media clay terhadap kemampuan motorik halus pada kelompok A di TK Permata hati bunda.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan bermain konstruktif dengan media clay pada kelompok A di TK Permata hati bunda, untuk mengetahui gambaran perkembangan kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan dengan metode konvensional pada kemlompok A di TK Permata hati bunda., dan untuk mengetahui pengaruh bermain konstruktif dengan media clay terhadap kemampuan motorik halus pada kelompok A di TK Permata hati bunda.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak pada kelas A yang berjumlah 10 anak di TK Permata hati bunda., sampel penelitian ini berjumlah 5 anak untuk kelas eksperimen dan 5 anak untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposivesampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik.