Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Kegiatan Sandpaper Numbers (SPN) di TK Raihan
DOI:
https://doi.org/10.54801/q32hbj15Keywords:
Mengenal Konsep Bilangan, Sandpaper numbers (SPN), 4-5 tahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada kelompok A TK Raihan. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Raihan yang berjumlah 10 anak terdiri dari 4 anak perempuan dan 6 anak laki-laki dengan rentang usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Penilaian kemampuan mengenal bilangan 1-10 dilihat dengan indikator mampu membilang angka 1-10, mengenal lambang bilangan 1-10, menghubungkan angka dengan benda, memahami konsep banyak dan sedikit, fokus pada suatu objek yang dihitung dan diraba, serta anak mampu menirukan lambang bilangan yang diraba dari SandPaper Numbers. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui kegiatan SandPaper Numbers (SPN) yang dilakukan selama 2 siklus dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10. Pada Siklus II kriteria Belum Berkembang (BB) sebesar 0%; kriteria Mulai Berkembang (MB) sebesar 5%; dan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 51%. Kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 44%. Adapun persentase secara keseluruhan Pra-siklus sebesar 37,5%, Siklus I sebesar 69,75% dan Siklus II sebesar 84,75%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kegiatan SandPaper Numbers (SPN) dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun.