Meningkatkan Kognitif Anak Dalam Membedakan Huruf ‘b’ dan ‘d’ Melalui Bermain Pasir

Authors

  • Euis Sukmawati Institut Agama Islam Persis Bandung
  • Siti Hajar Ismail Institut Agama Islam Persis Bandung
  • Siti Nurhalimah Institut Agama Islam Persis Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54801/5zwyyf87

Keywords:

Kognitif, Huruf kecil b dan d, bermain pasir

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif anak dalam membedakan huruf kecil b dan d melalui kegiatan bermain pasir. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di   RA Raudhatul Jannah dengan jumlah 15 anak terdiri dari 5 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Kemmis and Mc Taggart dengan menggunakan II siklus. Berdasarkan analisis data diperoleh, kegiatan pembelajaran menggunakan II siklus, sebanyak 2 pertemuan. Pada siklus I jumlah presentasi sebesar 58% dilanjut dengan siklus II sebesar 78 %. Dapat disimpulkan dari Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 36%. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain pasir yang dilakukan berulang-ulang dapat meningkatkan kognitif anak dalam membedakan huruf b dan d pada kelompok A RA Raudhatul Jannah.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Meningkatkan Kognitif Anak Dalam Membedakan Huruf ‘b’ dan ‘d’ Melalui Bermain Pasir. (2024). Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 3(2), 111-119. https://doi.org/10.54801/5zwyyf87

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.