Meningkatkan Kognitif Anak Dalam Membedakan Huruf ‘b’ dan ‘d’ Melalui Bermain Pasir
DOI:
https://doi.org/10.54801/5zwyyf87Keywords:
Kognitif, Huruf kecil b dan d, bermain pasirAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif anak dalam membedakan huruf kecil b dan d melalui kegiatan bermain pasir. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di RA Raudhatul Jannah dengan jumlah 15 anak terdiri dari 5 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Kemmis and Mc Taggart dengan menggunakan II siklus. Berdasarkan analisis data diperoleh, kegiatan pembelajaran menggunakan II siklus, sebanyak 2 pertemuan. Pada siklus I jumlah presentasi sebesar 58% dilanjut dengan siklus II sebesar 78 %. Dapat disimpulkan dari Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 36%. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain pasir yang dilakukan berulang-ulang dapat meningkatkan kognitif anak dalam membedakan huruf b dan d pada kelompok A RA Raudhatul Jannah.