Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Membedakan Huruf B Dan D Melalui Permainan Kata

Authors

  • Hasmi Hamlaena Hatini Institut Agama Islam Persis Bandung
  • Kenia Tri Rahayu Institut Agama Islam Persis Bandung
  • Lidhieni Amalia Naufal Institut Agama Islam Persis Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54801/8vn31212

Keywords:

Kognitif, Membedakan huruf b dan d, Permainan Kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kognitif anak usia dini usia 5-6 tahun dalam membedakan huruf b dan d melalui permainan kata di TK Al-Hikmah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek peneltian adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penilaian kemampuan dari bagaimana anak menunjukan huruf b dan d, membedakan huruf b dan d, menulis huruf b dan d dengan menggunakan pensil warna dan menyebutkan kata yang berawalan huruf b dan d melalui permainan kata. Hasil penelitian menunjukan, bahwa membedakan huruf b dan d melalui permainan kata dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Membedakan Huruf B Dan D Melalui Permainan Kata. (2024). Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 3(1), 41-52. https://doi.org/10.54801/8vn31212

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.