Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen Pencampuran Warna Dengan Percobaan Sains Sederhana di RA Riyadusholihin 9 Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.54801/37s5tk14Keywords:
Kemampuan Kognitif, Metode Eksperimen Mencampur Warna, Sains SederhanaAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya meningkatkan aspek kognitif pada anak salah satunya yaitu kemampuan dalam mengenal warna melalui media pembelajaran di PAUD. Permasalahan yang Terjadi pada anak, yaitu kurangnya motivasi belajar anak mengenai warna, pemikiran beberapa orang tua yang mengesampingkan pengetahuan tentang warna, serta pendidik di lembaga tersebut ketika pembelajaran pencampuran warna hanya menggunakan krayon dan menggunakan metode ceramah. Yang mana metode tersebut cenderung membuat anak cepat bosan dan kurang efektif dalam pembelajaran. Peneliti melakukan observasi awal didapatkan hasil 32% tingkat keberhasilan belajar yang dicapai yakni anak mampu menyebutkan warna primer, anak mampu menyebutkan warna sekunder, anak mampu mengelompokkan warna, dan anak mampu menceritakan hasil dari pencampuran warna. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan perkembangan kognitif anak melalui metode eksperimen pencampuran warna dengan percobaan sains sederhana di kelompok B RA Riyadusholihin 9 Kabupaten Bandung. Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Riyadusholihin 9 Kabupaten Bandung yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan peningkatan yaitu dari Hasil Pra siklus memiliki ketuntasan belajar anak sebesar 33%. Setelah menerapkan kegiatan mencampur warna, maka pada Siklus I ketuntasan belajarnya meningkat menjadi 48%, dan kembali mengalami peningkatan pada Siklus II sebesar 63%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan mencampur warna dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak, salah satunya yaitu dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak di kelompok B RA Riyadusholihin 9 Kabupaten Bandung.