Analisis Kompetensi Profesional Guru PAUD di TK IP Ummul Mukminin
DOI:
https://doi.org/10.54801/piaudku.v2i02.232Keywords:
Kompetensi Profesional, Guru PAUDAbstract
Kompetensi profesional guru PAUD merupakan kemampuan guru PAUD dalam menguasai pengetahuan dan menguasai materi pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini untuk mengembangkan potensi anak usia dini sesuai dengan tahapan tumbuh kembangnya. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah pendidik PAUD belum linier sesuai bidangnya. Akibatnya mempengaruhi proses pembelajaran dan dalam mengembangkan konsep-konsep keilmuan sehingga berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran dan rencana pembelajaran yang tidak sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional guru PAUD di TKIP Ummul Mukminin dan untuk mengetahui bagaimana guru dalam memahami tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak normal maupun anak berkebutuhan khusus. Karena pada hakikatnya anak berkubutuhan khusus atau berkelainan memiliki hak pendidikan yang sama dengan anak didik lainnya dan guru profesional juga akan sangat dibutuhkan untuk memberikan materi sesuai dengan yang dibutuhkan sekolah inklusi. TKIP Ummul Mukminin ini mempunyai potensi yang sangat baik dari segi kuantitas dan kualitas PAUD. Profesionalitas yang ada pada guru-guru di TK inipun hampir sudah memenuhi dimensi kompetensi profesional guru PAUD.Kedua faktor ini merupakan aset penting dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAUD dalam menumbuh kembangkan potensi anak. oleh karenanya yang perlu diperhatikan adalah meningkatkan profesionalitas guru dan harus memenuhi kualifikasi akademik Srata PGPAUD