Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Pada Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Ayu Puji Rahayu STAI DARUL FALAH CIHAMPELAS BANDUNG BARAT
  • Aris Somantri STAI Darul Falah Bandung
  • Imam Abdul R STAI Darul Falah Bandung
  • Hevie Setia G STAI Darul Falah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.97

Keywords:

Minat Belajar, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Aliyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel Krejcie berjumlah 114 responden.  Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah instrumen berbentuk kuesioner. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SKI. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi pada tabel koofesien sebesar 0.000. Hasil tersebut menunjukkan nilai sig. kurang dari nilai alpha α = 0.05 atau nilai sig 0.000< α = 0.05. Hal ini mengandung arti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dari analisis pengolahan data tersebut dapat diambil simpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran SKI.

Downloads

Published

30.07.2022

How to Cite

Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Pada Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam. (2022). AL-IBANAH, 7(2). https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.97

Similar Articles

1-10 of 63

You may also start an advanced similarity search for this article.