Peran Muhammadiyah, Nahdatul Ulama dan PERTI dalam perkembangan Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.54801/ibanah.v9i1.249Keywords:
Muhammadiyah, Nahdatul Ulma, PERTI, Pendidikan IslamAbstract
Tujuan dari penulisan artikel ini ialah mengetahui peras Ormas Islam: Muhammadiyah, Nahdatul Ulama dan Persatuan tarbiyah Islamiyah terhadap pengembangan lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Selain itu, juga menjelaskan sejarah yang melatarbelakangi ormas : Muhammadiyah, Nahdatul Ulama dan Persatuan tarbiyah Islamiyah didirikan di Indonesia. Penulisan ini menggunakan metode studi kepustakaan (Library Research), yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama yang dimaksudkan untuk menggali teori-teori dan konsep-konsep para ahli terdahulu. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan adalah dapat menambah wawsan serta pengetahui tentang sejarah Ormas Islam di Indonesia : Muhammadiyyah, Nahdatul Ulama dan Persatuan Tarbiyah Islamiyyah, serta peranya dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam. Muhammadiyyah merupakan organisasi Islam yang didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan pada tahun 1912 M. Didirikannya pendidikan Muhammadiyah dilandasi oleh motivasi teologis bahwa manusia akan mampu mencapai derajat keimanan dan ketaqwaan yang sempurna apabila mereka memiliki kedalaman ilmu pengetahuan.Organisasi Nahdatul Ulama Sebuah organisasi yang didirikan oleh para ulama pada tanggal 31 Januari 1926. Latar belakang berdirinya NU berkaitan erat dengan perkembangan pemikiran keagamaan dan politik dunia Islam kala itu. Persatuan Tarbiyah Islmiyah (PERTI) adalah organisasi kelompok kaum tua Minangkabau yang dalam bidang akidah. Latar belakang didirikannya Persatuan tarbiyah Islmiayah tidak terlepas dari pertumbuhan dan perkembangan madrasah-madrasah Tarbiyah Islmiyah di Minangkabau.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 opet sarianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.