Corak Pendidikan Teologis dalam Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib
DOI:
https://doi.org/10.54801/1banah.v10i1.494Keywords:
Tafsir ar-Razi, pendidikan Islam, pendidikan teologis, rasionalitas, tafsir klasik, epistemologi IslamAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi corak pendidikan teologis dalam Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib karya ar-Razi serta relevansinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, menelaah struktur pemikiran dan pendekatan epistemologis yang digunakan ar-Razi dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an, khususnya yang berkaitan dengan aspek ketuhanan, keimanan, dan nalar keagamaan. Ar-Razi dikenal sebagai mufasir yang mengintegrasikan pendekatan rasional dan teologis, serta menjadikan akal sebagai mitra aktif wahyu dalam proses penafsiran. Penelitian ini menemukan bahwa tafsir ar-Razi menyajikan model pendidikan teologis yang kritis, argumentatif, dan reflektif, yang sangat relevan bagi pengembangan pendidikan Islam berbasis nilai, logika tauhid, dan penguatan akal. Implikasi dari corak pendidikan teologis dalam tafsir ini menunjukkan urgensi pembaruan model pendidikan Islam agar mampu menjawab tantangan zaman secara ilmiah dan spiritual tanpa kehilangan akar wahyu.
References
Abdullah, M. Amin., 1996, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
al-Attas, Syed M. N., 1993, Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.
al-Attas, Syed Muhammad Naquib., 1999 The Concept of Education in Islam, Kuala Lumpur: ISTAC.
al-Faruqi, Ismail Raji., 1982 Islamization of Knowledge, Herndon: IIIT.
al-Jabiri, Muhammad Abid., 1986 Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi, Beirut: Markaz Dirasat al-Wahdah al-‘Arabiyyah.
al-Razi, Fakhruddin., t.t., Mafātih al-Ghaib, Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, t.t., jilid I.
al-Razi, Fakhruddin., t.t.Mafātih al-Ghaib, Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, t.t., Jilid V.
al-Razi, Fakhruddin., t.t., Mafātih al-Ghaib, Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, Jilid X.
al-Razi, Fakhruddin., t.t., Mafātih al-Ghaib, Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, Jilid XXIX
al-Razi, Fakhruddin., t.t., Mafātih al-Ghaib, Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, Jilid XXVIII
al-Razi, Fakhruddin., t.t., Mafātih al-Ghaib, Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, Jilid XXXI
al-Razi, Fakhruddin., t.t., Mafātih al-Ghaib, Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, Jilid XXXII.
Azra, Azyumardi., 1999, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Fakhry, Majid., 2004, A History of Islamic Philosophy. New York: Columbia University Press.
Langgulung, Hasan., 1986 Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Moleong, Lexy J., 2013, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, Harun., 1995, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran, Jakarta: Mizan.
Qutb, Sayyid., 2003, Fi Zhilal al-Qur’an, Kairo: Dar al-Shuruq, Jilid I.
Rahman, Fazlur., 1982 Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition, Chicago: University of Chicago Press.
Shihab, M. Quraish., 1999, Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adudin Alijaya, Narlina, Nuroh Maulida, Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.