Revitalisasi Konsep Tazkiyah al-Nafs dalam Pendidikan Akhlak Berbasis Spiritualitas Al-Ghazali untuk Generasi Digitalmelalui ICBT

Authors

  • santi safitri mariantiny IAI Persis

DOI:

https://doi.org/10.54801/2banah.v10i2.366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merevitalisasi konsep tazkiyah al-nafs (penyucian jiwa) dalam pendidikan akhlak berbasis spiritualitas Al-Ghazali, khususnya bagi generasi digital yang menghadapi tantangan moral dan spiritual di era teknologi modern. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, penelitian ini mengkaji tahapan penyucian jiwa menurut Al-Ghazali—yakni takhalli, tahalli, dan tajalli—serta praktik mujahadah, muraqabah, dan muhasabah sebagai fondasi pembentukan akhlak mulia. Gagasan tersebut diintegrasikan ke dalam pendekatan Islamic Character-Based Teaching (ICBT), yaitu strategi pedagogis yang memadukan nilai-nilai spiritual klasik dengan media dan gaya hidup digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi konsep tazkiyah al-nafs melalui ICBT mampu membentuk peserta didik yang seimbang secara intelektual, moral, dan spiritual, serta memiliki ketahanan karakter dalam menghadapi disrupsi digital.

Downloads

Published

30.07.2025

How to Cite

Revitalisasi Konsep Tazkiyah al-Nafs dalam Pendidikan Akhlak Berbasis Spiritualitas Al-Ghazali untuk Generasi Digitalmelalui ICBT. (2025). AL-IBANAH, 10(2). https://doi.org/10.54801/2banah.v10i2.366