Revitalisasi Konsep Tazkiyah al-Nafs dalam Pendidikan Akhlak Berbasis Spiritualitas Al-Ghazali untuk Generasi Digitalmelalui ICBT
DOI:
https://doi.org/10.54801/2banah.v10i2.366Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merevitalisasi konsep tazkiyah al-nafs (penyucian jiwa) dalam pendidikan akhlak berbasis spiritualitas Al-Ghazali, khususnya bagi generasi digital yang menghadapi tantangan moral dan spiritual di era teknologi modern. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, penelitian ini mengkaji tahapan penyucian jiwa menurut Al-Ghazali—yakni takhalli, tahalli, dan tajalli—serta praktik mujahadah, muraqabah, dan muhasabah sebagai fondasi pembentukan akhlak mulia. Gagasan tersebut diintegrasikan ke dalam pendekatan Islamic Character-Based Teaching (ICBT), yaitu strategi pedagogis yang memadukan nilai-nilai spiritual klasik dengan media dan gaya hidup digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi konsep tazkiyah al-nafs melalui ICBT mampu membentuk peserta didik yang seimbang secara intelektual, moral, dan spiritual, serta memiliki ketahanan karakter dalam menghadapi disrupsi digital.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 santi safitri mariantiny

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.








