Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Imam Syatibi
(Studi Literatur Kitab Al Muwafaqat dan Al I’tisham)
DOI:
https://doi.org/10.54801/5j1qk031Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Imam Syatibi, Al muwafaqat, Al I'tishamAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi konsep pendidikan dalam perspektif Imam Syatibi berdasarkan karya-karyanya, Al-Muwafaqat dan Al-I'tisham. Fokus utama penelitian adalah bagaimana pemikiran Syatibi terkait maqasid syariah dan pewarisan sunnah yang autentik dapat diterapkan dalam sistem pendidikan modern. Dengan menggunakan pendekatan hermeneutik dan studi literatur, penelitian ini menemukan bahwa pendidikan Islam menurut Imam Syatibi tidak hanya bertujuan untuk mentransfer ilmu, tetapi juga membentuk individu secara holistik, mencakup aspek spiritual, intelektual, dan moral. Konsep maqasid syariah dalam Al-Muwafaqat relevan untuk menciptakan pendidikan yang fleksibel dan kontekstual, sedangkan Al-I'tisham memberikan dasar untuk menjaga kemurnian tradisi keilmuan Islam.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Muharam Basyari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.