Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di Pesantren Persis 84 Tingkat Mu’allimin/Aliyah

Authors

  • ilyas maulana ridwan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • hani febriani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54801/ibanah.v9i1.251

Keywords:

Manajemen, Strategi Pemasaran, Pesantren

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi pemasaran jasa pendidikan yang diimplementasikan untuk meningkatkan mutu sekolah di Pesantren Persatuan Islam 84 Ciganitri tingkat Mu’allimin atau Aliyah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber terkait strategi pemasaran jasa pendidikan yang berhasil dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga tersebut. Hasil penelitian menyoroti beberapa strategi yang efektif, termasuk pemanfaatan teknologi berupa media sosial dan website, diferensiasi program pendidikan, kolaborasi dengan organisasi masyarakat Islam Persis, pengembangan kurikulum yang relevan, serta pendekatan personalisasi dalam memenuhi kebutuhan santri. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang upaya yang dapat dilakukan oleh lembaga pendidikan serupa untuk meningkatkan mutu sekolah khususnya pada tingkat Madrasah Aliyah melalui strategi pemasaran jasa pendidikan yang tepat dan terukur.

Downloads

Published

31.01.2024

How to Cite

Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di Pesantren Persis 84 Tingkat Mu’allimin/Aliyah. (2024). AL-IBANAH, 9(1), 19-30. https://doi.org/10.54801/ibanah.v9i1.251

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.