Literature Review: Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) dalam Konteks Siswa Abad ke-21
DOI:
https://doi.org/10.54801/ibanah.v9i1.253Keywords:
Pembelajaran berbasis project, Strategi Pembelajaran, Kreativitas siswaAbstract
Studi ini menggunakan metode literature review, menggambarkan sejumlah temuan dari berbagai penelitian yang berkaitan dengan implementasi pembelajaran berbasis proyek (PBL) dan strategi pembelajaran lainnya yang berdampak pada pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa. Model pembelajaran seperti Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) terkait erat dengan peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Karakteristik kreativitas, seperti kemampuan berpikir konvergen dan divergen, rasa ingin tahu yang tinggi, dan fleksibilitas konseptual, terbentuk dalam lingkungan keluarga yang mendukung eksplorasi dan keterlibatan orang tua. Selain itu, lingkungan kampus, terutama melalui penerapan model pembelajaran yang kreatif, aktif, kolaboratif, dan inovatif, mempengaruhi perkembangan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kesimpulan dari literatur ini menekankan pentingnya strategi pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan kreatif untuk mendorong pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa di masa depan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andy Agustian, Wahyudin Sanusi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.