Literature Review: Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) dalam Konteks Siswa Abad ke-21

Authors

  • Andy Agustian Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wahyudin Sanusi

DOI:

https://doi.org/10.54801/ibanah.v9i1.253

Keywords:

Pembelajaran berbasis project, Strategi Pembelajaran, Kreativitas siswa

Abstract

Studi ini menggunakan metode literature review, menggambarkan sejumlah temuan dari berbagai penelitian yang berkaitan dengan implementasi pembelajaran berbasis proyek (PBL) dan strategi pembelajaran lainnya yang berdampak pada pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa. Model pembelajaran seperti Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) terkait erat dengan peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Karakteristik kreativitas, seperti kemampuan berpikir konvergen dan divergen, rasa ingin tahu yang tinggi, dan fleksibilitas konseptual, terbentuk dalam lingkungan keluarga yang mendukung eksplorasi dan keterlibatan orang tua. Selain itu, lingkungan kampus, terutama melalui penerapan model pembelajaran yang kreatif, aktif, kolaboratif, dan inovatif, mempengaruhi perkembangan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kesimpulan dari literatur ini menekankan pentingnya strategi pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan kreatif untuk mendorong pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa di masa depan.

Downloads

Published

31.01.2024

How to Cite

Literature Review: Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) dalam Konteks Siswa Abad ke-21. (2024). AL-IBANAH, 9(1), 45-56. https://doi.org/10.54801/ibanah.v9i1.253

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.