Meningkatkan Konsentrasi Anak Melalui Brain Gym di Kelompok B RA Rohmatika Pameumpeuk Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.54801/1bjz5c93Keywords:
konsentrasi anak, metode brain gymAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Brain Gym dapat meningkatkan konsentrasi anak usia dini di RA Rohmatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Dimana setiap siklus dilakukan beberapa kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Subjek penelitian adalah anak kelas B di RA Rohmatika. Hasil nalisis pada pertemuan1 siklus I setelah metode Brain Gym dilakukan rata-rata penilaian konsentrasi anak 21% yang berarti termasuk kategori cukup. Hasil observasi dan refleksi pada pertemuan 1 siklus II setelah metode Brain Gym dilakukan rata-rata penilaian konsentrasi anak 35% yang berarti sudah termasuk kategori baik. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Brain Gym dapat meningkatan konsentrasi Anak Usia Dini di RA Rohmatika.




