Kajian Analisis Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran IPA

Authors

  • rostiana ritonga Universitas muhammadiyah riau

DOI:

https://doi.org/10.54801/gtk4dh66

Keywords:

motivasi belajar, pembelajaran IPA, Faktor Internal, faktor eksternal, lingkungan belajar

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran, termasuk pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA, baik dari aspek internal maupun eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif.

Data motivasi belajar IPA siswa diperoleh dengan menggunakan metode kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan Google Forms, dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar IPA dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, direduksi, disajikan dalam bentuk statistik deskriptif, dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Persentase motivasi belajar siswa kelas VII terhadap pembelajaran IPA di SMP sebesar 77,41% yang tergolong sangat tinggi. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VII terhadap pembelajaran IPA di SMP antara lain cita-cita atau aspirasi siswa, kemampuan belajar siswa, kondisi lingkungan, dan upaya guru dalam membelajarkan siswa.

Downloads

Published

29.07.2024

How to Cite

Kajian Analisis Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran IPA. (2024). AL-IBANAH, 9(2), 85-92. https://doi.org/10.54801/gtk4dh66

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.