Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Oray-Orayan

Authors

  • Syifa Zulfa Nobrina Institut Agama Islam Persis Bandung
  • Widiya Kurniasih Institut Agama Islam Persis Bandung
  • Yusi Rahmi Institut Agama Islam Persis Bandung
  • Tepi Mulyaniapi Institut Agama Islam Persis Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54801/f0v5ab37

Keywords:

Disiplin, Anak Usia Dini, Permainan Tradisional, Oray-orayan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini pada kelompok B melalui permainan tradisional oray-orayan di RA Rohmatika Desa Rancatungku Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Secara khusus kedisiplinan yang di maksud dalam penelitian ini yaitu disiplin dalam menataati peraturan sekolah ,mengantri baris berbaris dengan rapih dan menyimpan sepatu pada tempatnya . Penelitain Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action researarch prosedur yang di gunakan berbentuk siklus. Metode penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart penelitian ini terdiri dari 2 siklus . Teknik penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh,dapat disimpulkan dari Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan tradisional oray orayan menunjukkan ada perkembangan kedisiplinan dalam menataati peraturan sekolah ,mengantri baris berbaris dengan rapih dan menyimpan sepatu pada tempatnya.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Oray-Orayan. (2024). Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 3(1), 19-24. https://doi.org/10.54801/f0v5ab37

Similar Articles

1-10 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.