Perilaku Konsumen Di E-Commerce Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Authors

DOI:

https://doi.org/10.54801/ekspektasy.v2i02.243

Keywords:

Perilaku Konsumen, E-Commerce

Abstract

Menarik untuk di bahas mengenai Perilaku Konsumen Di E-Commerce dalam Perspektif Ekonomi Islam. Perubahan perilaku ekonomi masyarakat indonesia di masa kini menghadapi perubahan motif dalam hal produksi, konsumsi dan juga distribusi yang bermula bebasis tradisional menjadi berperangkat digital, hal ini di pengaruhi oleh perubahan industri teknologii 4.0. Transaksi E-Commerce yang merupakan bagian dari tren saat ini dalam bertransaksi mu’amalah menjadikan tuntutan bagi masyarakat agar lebih inventif dan kreatif, terutama pagi para pelaku ekonomi. Ajaran Islam mengatur seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam mu'amalah (interaksi sosial), di mana konsumsi menjadi bagian penting yang perlu dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal E-Commerce ini, menekankan  mekanisme dropship dan reseller, E-Commerce menggunakan kontrak jual-beli, pesan, dan wakalah bil-ujrah sebagai bagian dari operasinya. Ini menggambarkan bagaimana transaksi dalam E-Commerce dapat diatur sesuai dengan prinsip-prinsip Islam untuk memastikan kehalalan barang dan keadilan dalam proses perdagangan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman mendalami tentang bagaimana konsep konsumsi Islam dapat diaplikasikan dalam konteks E-Commerce.

 

Author Biography

  • Malahayatie Malahayatie, IAIN Lhokseumawe

    FEBI IAIN Lhokseumawe

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Perilaku Konsumen Di E-Commerce Dalam Perspektif Ekonomi Islam. (2023). JOURNAL EKONOMI, KEUANGAN, PERBANKAN DAN AKUNTANSI SYARIAH, 2(02), 112-127. https://doi.org/10.54801/ekspektasy.v2i02.243