Perilaku Konsumen Di E-Commerce Dalam Perspektif Ekonomi Islam
DOI:
https://doi.org/10.54801/ekspektasy.v2i02.243Keywords:
Perilaku Konsumen, E-CommerceAbstract
Menarik untuk di bahas mengenai Perilaku Konsumen Di E-Commerce dalam Perspektif Ekonomi Islam. Perubahan perilaku ekonomi masyarakat indonesia di masa kini menghadapi perubahan motif dalam hal produksi, konsumsi dan juga distribusi yang bermula bebasis tradisional menjadi berperangkat digital, hal ini di pengaruhi oleh perubahan industri teknologii 4.0. Transaksi E-Commerce yang merupakan bagian dari tren saat ini dalam bertransaksi mu’amalah menjadikan tuntutan bagi masyarakat agar lebih inventif dan kreatif, terutama pagi para pelaku ekonomi. Ajaran Islam mengatur seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam mu'amalah (interaksi sosial), di mana konsumsi menjadi bagian penting yang perlu dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal E-Commerce ini, menekankan mekanisme dropship dan reseller, E-Commerce menggunakan kontrak jual-beli, pesan, dan wakalah bil-ujrah sebagai bagian dari operasinya. Ini menggambarkan bagaimana transaksi dalam E-Commerce dapat diatur sesuai dengan prinsip-prinsip Islam untuk memastikan kehalalan barang dan keadilan dalam proses perdagangan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman mendalami tentang bagaimana konsep konsumsi Islam dapat diaplikasikan dalam konteks E-Commerce.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sandrina Dimas Imeliani, Malahayatie Malahayatie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.